-->

Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula - Belajar Bahasa inggris bukanlah hal yang asing bagi kita, karena sering dijumpai saat  di bangku sekolah. bahkan kita dituntun untuk mengembangkan skills (kemampuan) sesuai dengan kurikulum yang ada seperti Speaking, Writing, Reading dan Listening.

Namun, di sekolah materi yang diajarkan terkadang terkesan membosankan dan monoton sehingga mungkin beberapa diantara kita banyak yang merasa jenuh bahkan benci dengan belajar bahasa inggris. 
Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Padahal Di era globalisasi seperti sekarang ini. perkembangan dunia makin berjalan dengan dinamis. Bahasa inggris semakin menampakkan peran besarnya dari berbagai aspek kehidupan teknologi, transportasi, pendidikan dan lainnya. Oleh karena itu, kemampuan bahasa inggris menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang – karena tuntutan pekerjaan, untuk mendapatkan beasiswa, dan bahkan sebagai gaya hidup atau pergaulan.

Dengan semakin banyaknya manfaat belajar Bahasa Inggris,  Tidak heran banyak orang yang berlomba-lomba untuk belajar bahasa inggris. mulai dari belajar di tempat-tempat kursus, belajar online dan belajar otodidak.

Kita yang memang pure Indonesian alias bukan native speaker (penutur asli). Mempelajari suatu bahasa memang bukanlah perkara yang gampang namun tidak pula itu  sulit. untuk bisa sampai ke tahap mahir berbahasa semuanya memang butuh proses.

Seseorang yang bisa menjadi ahli sekalipun, itu karena telah melalui beberapa proses. dan proses dapat dilalui dengan baik karena kemauan dan tekad yang kuat.

Oleh karena itu, sebelum melakukan sesuatu maka tentunya harus disertai dengan  niat dan kemauan yang kuat. Seperti pepatah lama “dimana ada kemauan maka disitu pasti ada jalan”. Jadi, seseorang yang mempunyai niat dan mau berusaha, segala kesulitan yang ditemui pasti akan diberi kemudahan. So, keep fighting to learn!!!

Sebenarnya tidak ada cara atau gaya belajar yang benar-benar tepat dan dijamin akan berhasil bagi setiap orang. Namun tidak ada salahnya, kita mencoba atau meniru cara orang lain dalam belajar. Bukankah pelajaran yang baik adalah pengalaman dan pengalaman yang terbaik adalah pengalaman orang lain? Yaa kaan?

Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Baiklah… Pada tulisan kali ini, akan disajikan tips atau cara belajar bahasa inggris dengan otodidak bagi pemula.

Sebagai pemula, tentunya wajib mempelajari materi-materi dasar yang sederhana mulai dari menghapal vocabulary (kosakata) hingga mempraktekkan. Nah… Berikut caranya:

1. Menghapal vocabulary

Suatu kewajiban untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yaitu dengan memperbanyak hafalan kosakata. Karena kenapa? Dengan minimnya kosakata maka komunikasi akan menjadi kaku.

Jadi sebagai pemula, sangat dianjurkan untuk menghafal dan memahami kosakata mulai dari yang paling gampang. 

Seperti kata subject, “I, YOU, THEY” , kata Tanya (WH Question) atau Kosakata lainnya yan sering digunakan atau jumpai terkait dengan kegiatan sehari-hari. Sebagai Pemula recommended bukunya Prof. Dr. azhar arsyad “Dasar-dasar Penguasaan Bahasa Inggris”. Di dalamnya sudah tersedia materi-materi dasar belajar bahasa inggris. InsyaAllah sangat membantu!

Menghafal kosakata, pastikan dilakukan secara berkala dan konsisten dalam setiap harinya agar selalu bertambah. Belajar Bahasa Inggris Otodidak Online ]

Namun menghafalnya, jangan terburu- buru dan sedang terpaksa. Lakukanlah dengan enjoy. Anggaplah menghafal kosakata seperti makan tiga kali sehari. Pagi—siang—malam, setiap sekali menghapal cukuplah 5 kata. Jadi, dalam setiap harinya bisa 15 kata perhari atau sesuai kesanggupan.

2. Pelajari Simple Sentences

Bagi pemula, jika hanya menghafal banyak kosakata hingga ratusaan kata. Bukanlah cara yang efektif untuk bisa berbahasa inggris. belum sampai disitu.

Agar hafalan tetap terjaga pemula dianjurkan untuk mengaplikasikannya ke dalam bentuk kalimat. Jadi, perlu mempelajari cara penyusunan kata yaitu simple sentences (kalimat sederhana).

Simple sentences yang dimaksud tidak lepas dari pelajaran grammar. Bagi kamu yang masih belum welcome dengan grammar (because I know grammar itu kadang nyusahin emang). But it’s very important guys… karena tanpa grammar bahasa inggris akan kacau dan berantakan. 

Simple Sentences itu cukup dengan menguasai 5 Basic Sentences yaitu Simple present, simple present continuous, simple past, simple present future dan simple present perfect. 

Dengan menguasai ke lima tenses dasar tersebut maka kemampuan bahasa inggrismu sudah bisa dikatakan AMAN.

Atau bisa dengan cara seperti menghafal kalimat sederhana dan kemudian cukup di modifikasi dengan menambahkan kosakata yang sudah dihafal, misalkan.
  • I want to … (saya mau…) bisa ditambah dengan kata GO/EAT/DRINK. etc 
  • This is…. (ini…) boleh ditambah dengan kata BOOK/ my pen/ your house. Etc.
  • I don’t … (saya tidak…) ditambahakn dengan kata LIKE/WANT/KNOW/CARE etc.
Dan masih banyak kalimat sederhana lainnya…

3. Perbanyak Membaca

Salah satu tips yang sudah diyakini oleh kebanyakan orang dalam belajar Bahasa Inggris adalah perbanyak membaca. membaca buku, majalah, artikel, pokoknya semua bacaan yang berbahasa inggris.

Kenapa harus membaca?, karena membaca memberikan banyak faedah.

Sering-seringlah membaca artikel, cerita, percakapan atau semacamnya meski belum mengetahui arti dan pengucapan (pronunciation) yang benar. Itu tidak masalah karena ini masih tahap belajar. Bacalah dengan suara yang keras dan meniru accent (logat) orang bule agar lidah semakin terbiasa dengan kata-kata bahasa inggris.

Membacalah dengan memperhatikan tata bahasa dan susunan katanya, sehingga menjadi referensi dalam menyusun kata dan  kalimat.

Membacalah dengan mencoba mengetahui arti bacaan, agar kosakata baru semakin bertambah selain itu dapat mengembangkan kemampuan menerjemahkan. 

4. Manfaatkan smartphone

Tips selanjutnya adalah menggunakan smartphone sebagai media belajar. Sebagai pemula, kamu dapat memanfaatkan berbagai aplikasi pintar untuk membantu dalam belajar bahasa inggris. bahkan kamu bisa melakukannya dengan otodidak, tanpa harus ke tempat kursus.

Seperti memiliki aplikasi  kamus. telah diketahui bahwa smartphone sudah menjadi barang yang enggan untuk terpisahkan dari kehidupan kita begitupun dengan kamus yang wajib dimiliki bagi setiap orang yang sedang ingin belajar bahasa inggris. agar lebih praktis, kapanpun dan dimanapun ketika menemukan kosakata baru cukup dengan menggunakan aplikasi kamus, tanpa harus membawa kamus yang tebal kemana-mana.

Mendengarkan lagu bahasa inggris… cobalah dengan mengulanginya beberapa kali kemudian tulislah liriknya sesuai versi kamu sendiri setelah itu cocokkanlah dengan lirik yang benar untuk menguji kemampuan listening. Lakukanlah secara konsisten, bahkan bisa dengan mendengarkan sambil bernyanyi agar lidah akan semakin terbiasa menyebut kata-kata bahasa inggris secara benar sehingga juga dapat meningkatkan kemampuan pronunciation.

Bermedia sosial… cobalah melatih diri untuk menulis dengan memasang status yang berbahasa inggris ataukah melakukan obrolan (chatting) dengan teman media sosial lainnya baik itu teman Indonesia ataupun teman bule. Secara tidak langsung kamu sedang menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan dan bahkan kosakata akan semakin bertambah, karena selalu terdorong untuk membuka kamus. Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Secara Otodidak ]

Nontonlah video berbahasa inggris sesering mungkin sebab dapat membantu kemampuan dalam listening, speaking dan grammar. apa lagi dengan banyaknya content video khusus pembelajaran bahasa inggris yang telah disediakan oleh  para vlogger Indonesia maupun dari Native Speaker. seperti conversation, movie, grammar, ataukah tentang health, skincare routine, entertainment, dan lain sebagainya.*jadi, tinggal search and pilih mana suuukaa*

Namun, Saat nonton video berbahasa inggris “you can understand or not” Itu tidak jadi masalah. Karena, disini masih tahap belajar. yang terpenting adalah fokus mendengarkan dan perhatikan ekspresi speaker karena dengan begitu dapat membantu dan meningkatkan pemahaman kamu.

5. Perbanyak latihan

Pentingnya praktik dan latihan yang rutin, karena belajar bahasa inggris bukan hanya soal memperbanyak teori akan tetapi harus disertai dengan latihan yang berkesinambungan. Agar pelajaran yang telah dikuasai dapat terjaga dengan baik dan tidak sia-sia.

Namun salah satu kesalahan fatal dalam belajar bahasa inggris adalah ragu dan takut salah dalam mempraktikkan. Padahal kesalahan dan ketakutan tidak bakalan awet jika kita perbanyak latihan, bukankah practice makes perfect, doesn’t it? 

Nah… kalo versi aku seperti ini nih guys, mulai dari banyakin reading dengan bacaan yang full bahasa inggris, listening dengan mendengarkan lagu atau nonton video di yutube, sering latihan writing seperti menulis diary dan pratek speakingnya, berbicara depan cermin, merekam video sendiri kemudian speak up, ataukah memiliki partner berlatih.

Tapi masalahnya terkadang kita tidak memiliki teman/partner dalam lingkungan yang sama atau dekat, bisa dengan memanfaatkan media social, misalkan saling mengirim voice note, atau dengan video call. Dengan begitu practice speakingnya tetap berjalan.

Nah… bagaimana guys? Semoga cara diatas bisa membantu dan memberi sedikit pencerahan bagi kamu yang ingin mahir berbahasa inggris. meskipun minat dan kemampuan setiap orang berbeda-beda toh tidak ada salahnya mencoba cara diatas. Jadi tetap semangat, positive think bahwa bahasa inggris itu mudah, jangan malu. INGAT, INI MASIH TAHAP BELAJAR.

So I think that’s all. Thanks very much… and see you next….!!! Byee byeee…..