-->

6 Tips Belajar Tenses dengan Mudah

6 Tips Belajar Tenses dengan Mudah - Kita tahu bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang bisa  kita gunakan dimanapun kita berada. Kita tidak bakal bisa lepas dari Bahasa Inggris. Bahasa inggris sangat  dibutuhkan secara komunikasi,menempuh pendidikan,pekerjaan,melamar pekerjaan ke perusahaan ataupun CPNS dan BUMN bahkan dalam sehari-hari. Barang-barang elektronik yang kita pakai pasti selalu dalam bahasa inggris . Bahasa inggris sangatlah penting. Apalagi era sekarang semua serba digital.
6 Tips Belajar Tenses dengan Mudah

Jikalau kita tidak mengembangkan bahasa inggris yang kita miliki,maka kita akan sulit bersaing skill dengan orang lain. Apalagi kamu yang mungkin hendak ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruaan Tinggi Negri,Perguruan Tinggi Kedinasan,POLRI ataupun Keluar Negeri pasti diminta kamu tau bahasa inggris walaupun tidak terlalu fasih. Untuk Mengikuti Tes Calon Pegawai Negara Sipil,kamu juga diminta bisa menguasai bahasa inggris terkhusus Grammar.Sebab salah satu syarat nya adalah kamu harus mendapat TOEFL sekitar 500.

Kita tahu bahwa tes bahasa inggris terbagi atas TOEFL,TOEIC, IELTS dan masih banyak lagi. Tapi yang paling umum diminta adalah TOEFL. Jikalau kamu ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri,kamu harus bisa mendapat skor TOEFL minimal 500. Jikalau kamu ingin mengikuti Tes Perguruan Tinggi Kedinasan,kamu akan mengikuti ujian Tes Bahasa Inggris yang hampir setara dengan TOEFL.

Jikalau kamu ingin melamar kerja perusahaan asing atau perusahaan terkenal,pasti akan diminta skor kamu dalam tes TOEFL. Oleh karena itu,dari sekarang kita harus memepersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang menegangkan kelak .

TOEFL terbagi atas 3 session :
  1. Listening Comprehansion
  2. Structure and Written Expression
  3. Reading Comprehansion

Pada Second Session adalah Structure dan Written Expression yang berhubungan dengan Grammar (Tata Bahasa).  Berbagai soal grammar akan di cantumkan di session 2 mulai dari mudah hingga tersulit. Salah satu bagian dari grammar yang dicantumkan adalah Tenses.

6 Tips Belajar Tenses dengan Mudah

Kita tahu bahwa Tenses terbagi atas 16. Dengan rumus, adverb, verb, auxiliary verb dan meaning yang berbeda beda. Bayangkan saja 16 Tenses yang harus kita hapal. So pasti,kita bisa lupa atau kadang posisi yang bisa bertukar . Oleh karena itu,saya ingin mengajak teman-teman untuk belajar tenses dengan asik dan mudah diingat

Sebelum kita bahas, jangan lupa share dengan teman-temannya agar banyak yang akan terbantu dengan blog ini.

Baiklah,langsung saja kita bahas

Salah satu yang harus kamu ketahui dan terpenting. Rumus Tenses terbagi atas dua yaitu verbal dan nominal. Kamu harus bisa menguasai dan mampu membedakan keduanya sehingga kamu bisa belajar tenses dengan mudah.

Baiklah,apa sih perbedaan mereka? Verbal sesuai dengan penggalan katanya yaitu verb + al . Jadi,Verbal ini berhubungan dengan kata kerja . Jangan gunakan tobe dalam Verbal kecuali continuos.Jadi untuk tobe pakai dimana? Kita pakai di Nominal . Di nominal kita pakai to be/be/been. Ini adalah hal utama mengenai perbedaan verbal dan nominal yang harus kamu ingat.

Saya akan berikan tips cara untuk mengerti tenses dengan mudah 

TIPS 1

Kamu mempelajari terlebih dahulu meaning dari setiap tenses dan the function of the tenses.

Contohnya, Untuk Present Tense digunakan untuk menyatakan kebenaran umum, fakta dan habitual action sedangkan past tense menyatakan kegiatan yang sudah terjadi atau terjadi dimasa lampau. Tidak usah dihapal secara bulat tetapi kamu baca apa kesimpulan yan kamu dapat dari meaning dan function nya. Kamu jadikan inti yang bakal kamu ingat selalu. 

TIPS 2

Kamu Mengingat setiap keyword dari setiap tenses. 

Contohnya, Adverb nya atau kata keyword yang lain.Dalam Present Tense,jikalau kamu menemukan  everyday,once a week dan sebagainya. Dalam Past Tense adalah last day, yesterday, two years ago dan sebagainya. Dalam Contiuous, Right Now atau Now. Dalam Present Perfect, terkandung kata since dan masih banyak lagi. Kamu bisa membut ringkasan daripada keyword tenses sehingga dengan mudah kamu akan mampu mengerti ke-16 Tenses.

TIPS 3

Kamu mengambil inti dari pattern ke-16 tenses.

Saya akan memberikan inti ringkasan untuk mengingat rumus tenses dengan mudah.

1. Untuk yang berhubungan dengan continuos,akan selalu berhubungan Verb+ing.
Baik itu Present Continuous,Past Continuous,Present Prefect Continuous ataupun yang lain.Dan sebelum Verb+Ing,harus ditambahkan be. Ingat baik-baik be itu bukan hanya to be . Be terbagi atas 4 yaitu tobe,be,been dan being. Be yang dipakai dalam coninuous adalah tobe,be dan been. 

Penggunaan be : 
  • Tobe => Digunakan untuk be pada present(is,am,are) dan past tense(was,were)
  • Be => Digunakan untuk Future Continuous(Will/Shall be + Ving) dan Past Future Continuous(Should/Would be + Ving)
  • Been => Digunakan untuk Perfect Continuous baik Past,Present(Has/Have/Had been + Ving) dan Future atau Past Future Perfect Continuous ( Shall/Should/Will/Would have been + Ving )

Jikalau kamu sudah bisa ketiga diatas,dipastikan kamu akan mengerti tenses dengan mudah

2. Yang Berhubungan dengan Perfect berhubungan Has/Have/Had dan Verb 3(Past Participle)
Dimana,Has dan Have untuk Present Perfect dan Had untuk Past Perfect. Kemudian,ada tenses yang hanya untuk tenses tertentu yaitu Have. Have digunakan untuk tenses yang Future Perfect atau Past Future Perfect Tense.

For Example : 
Future Perfect Tense. Kamu bisa urutkan dengan namanya. Kata pertama adalah Future. Yang rumusnya will/shall.  Kemudian Perfect Tense yang ditambahkan dengan have + V3. Sehingga rumusnya adalah Will/Shall + Have + V3.

Sama dengan Past Future Perfect Tense.  Past future,rumusnya adalah should dan would . Perfect Tense yaitu have + V3.Sehingga rumusnya,Should/Would + Have + V3.

Sama seperti Future Perfect Continuous. Future yaitu Shall/Will. Perfect yaitu have + V3. Continuous yaitu been + Ving. Sehingga rumusnya adalah Shall/Will + Have + Been + Ving. Kamu bisa coba lagi dengan yang berhubungan dengan perfect.

TIPS 4

Kamu harus tau kalau verb terbagi atas 4 yaitu
  • Verb 1
  • Verb 2
  • Verb 3
  • Verb + Ing.

So, fungsinya apa keempat verb? Untuk Verb 1 digunakan untuk Present Tense,Future Tense dan Negatif dari Past Tense. Untuk Verb 2 digunakan untuk Past Tense. Untuk Verb 3 digunakan untuk Perfect Tense. Semua Perfect Tense menggunakan Verb 3.  Dan yang terakhir adalah V-ing digunakan untuk semua continuous. Jika kamu sudah bisa membedakan keempat verb,kamu akan mudah mengerti tenses.

TIPS 5

Perbanyak membuat contoh sendiri. Contoh-contoh kalimat  english dengan tenses tersebut dengan sendiri. Untuk memperlancar tenses kamu. Semakin banyak berlatih maka akan semakin lancar dan semakin terlatih dalam tenses.

TIPS 6

Perbanyak bahas-bahas soal yang berhubungan dengan tenses . Semakin kamu banyak menjawab soal,semakin kamu mengerti tentang tenses tersebut.

Sekian informasi dari saya mengenai tenses. Jika ada  salah kata,saya minta maaf. Jika saya ada salah,kalian boleh mengoreksinya dan memberikan saya masukan. Terimakasih. Selamat belajar dan mencoba. :)