-->

Pengertian Pronoun dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris

Pengertian Pronoun dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris - Pronoun adalah kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda) yang dapat berupa orang, benda, hewan, tempat, atau konsep abstrak. Kata ganti benda ini merupakan satu dari delapan parts of speech.
Pengertian Pronoun dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris

Pengertian Pronoun

Pronoun, termasuk bagian dari jenis-jenis kata (parts of speech) yang berfungsi untuk menggantikan noun (kata benda) yang berupa orang (person), benda (things), hewan (animal), place (tempast) dan konsep abstrak agar tidak digunakan secara berulang-ulang dalam sebuah kalimat ataupun dalam paragraph.
Dapat diperhatikan table berikut bahwa kata ganti dapat berfungsi sebagai subject, sebagai objek, sebagai possessive (untuk menyatakan kepunyaan) terdiri dari possessive adjective dan possessive pronoun, serta sebagai refleksif diri.
Subject formObject formpossessiveReflexive
AdjectivePronoun
I
We
You
They
She
He
it
Me
Us
You
Them
Her
Him
It
My
Our
Your
Their
Her
His
Its
Mine
Ours
Yours
Theirs
Hers
His
its
Myself
Ourselves
Yourself
Themselves
Herself
Himself
Itself
  1. Sebagai subject pronoun

Kata ganti sebagai subjek, yang berdiri sebagai pengganti noun (person, thing, animal) dalam sebuah kalimat dan letaknya sebelum verb.
  • Apabila ingin menggantikan pembicara pertama dalam bentuk tunggal digunakan I (saya), bentuk jamak menggunakan we (kami.
  • Apabila ingin menggantikan pembicara kedua baik dalam bentuk tunggal ataupun jamak maka menggunakan you (kamu atau kalian).
  • Apabila ingin menggantikan pembicara ketiga dalam bentuk tunggal maka digunakan she, he, it. dan bentuk jamaknya adalah they (mereka).
She (dia perempuan) dan he (dia laki-laki) digunakan untuk menggantikan orang, namun bisa saja menggantikan hewan, khususnya hewan peliharaan. It digunakan untuk menggantikan benda ataupun hewan yang tunggal saja.
They (mereka), digunakan menggantikan baik itu orang ataupun benda mati kedalam bentuk jamak. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan tabel berikut:
Personal pronounSingularPlural
The First personIwe
The second personYouYou
The third personShe, he, itThey
Contoh kalimat :
  • I want to go to school (saya ingin pergi ke sekolah)
(Subject)
  • Mirna is my new neighbor. She has a little cute cat. (Mirna adalah tetangga baruku. Dia memiliki seekor kucing kecil yang menggemaskan).
  • They are reading a book in the class. (mereka sedang membaca buku di dalam kelas).
  1. Sebagai object

Apabila digunakan sebagai object maka biasanya diletakkan setelah verb (kata kerja)atau preposition (kata depan).
  • My mom gives me some money (ibuku memberikanku beberapa uang)
(Object)
  • She can help us (dia bisa membantu kami)
  • I don’t know about him (saya tidak tahu tentangnya)
  • she is angry because of you (dia marah karena kamu)
  1. sebagai possessive

Possessive terdiri dari:
  • Possessive adjective, kata ganti ini termasuk dalam kelas kata adjective (kata sifat). Yang berfungsi untuk menerangkan kepemilikan/kepunyaan. Letaknya sebelum
Contoh:
My mother will go to Mecca tomorrow (ibu saya akan ke mekkah besok)
You should pay your debt  (kamu seharusnya membayar utangmu)
Our school is the best (sekolah kami yang terbaik)
  • Possessive pronoun, kata ganti yang berfungsi untuk menerangkan kepemilikan/kepunyaan namun noun (kata bendanya ) tidak perlu disebutkan lagi karena sudah tersirat di dalam kata ganti ini.
Contoh:
This school is ours (sekolah ini milik kami)
This is yours (ini milikmu)
That is hers (itu miliknya)
  1. Sebagai refleksif

Kata ganti ini berfungsi untuk merefleksikan diri atau sebagai objek ketika subjek dan objeknya sama. Serta sebagai penekanan pada subjek.
Contoh:
You will hurt yourself (kamu akan melukai dirimu sendiri)
Ani loves herself
She goes to school by herself (dia pergi ke sekolah sendirian)
*apabila diawali dengan preposition “by” maka dapat diartikan dengan “sendirian”
Yapp, demikianlah penjelasan tentang pronoun, fungsi, dan contoh kalimat dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat dan bisa mengobati kebingungan kita untuk mengaplikasikan pronoun dalam percakapan sehari-hari. Keep learning and thanks for attention!