-->

Pengertian Parts of Speech, Jenis, Contoh Kalimat

Pengertian Parts of Speech, Jenis, Contoh Kalimat -  Parts of speech dalam bahasa inggris dapat dikenal dengan jenis-jenis kata atau kelas kata yang memiliki fungsi masing-masing dalam membentuk frase (rangkaian kata) dan kalimat. Jadi pengertian parts of speech adalah bagian-bagian mendasar dari setiap bahasa manapun dalam pengklasifikasian kata untuk menunjukkan tugas dan fungsi dari setiap kata dalam setiap kalimat.
Pengertian Parts of Speech, Jenis, Contoh Kalimat

Jenis Parts of speech

Ada beberapa jenis dari parts of speech, diantaranya :

1. Noun

Noun dalam bahasa inggris diartikan sebagai kata benda yang digunakan untuk menamai orang, benda, makanan, hewan, tempat, ataupun yang  berwujud maupun yang tidak berwujud. Seperti : bag, umbrella, fruit, cat etc.
Contoh kalimat:
  • My mom has a new umbrella (ibu saya memiliki sebuah paying baru)
  • The beautiful girl is buying several fruits on the market (gadis cantik itu sedang membeli beberapa buah di pasar)

2. Adjective

Adjective adalah kata sifat yang berfungsi sebagai penjelas Noun/Pronoun yang dapat berupa orang (person), tempat (place), binatang (animal), benda atau konsep abstrak. Seperti: colour (warna: red, yellow, green, etc), kind, good, hot, etc.
Contoh kalimat:
  • The coffee smelled good (kopi ini baunya enak)
  • My father keeps handsome, although he is tired (Ayah saya tetap ganteng, meskipun dia sedang marah).

3. Pronoun (Kata Ganti)

Kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda) yang berupa orang (person), benda (things), hewan (animal), place (tempast) dan konsep abstrak. Contohnya:

Rina is a diligent student; she always reads a book, I am so proud of her.

Dari contoh kalimat diatas, pada kata she dan her yang terdapat dalam kalimat kedua dan ketiga disebut pronoun karena menggantikan person (orang) yaitu rina.  Pronoun berfungsi untuk menggantikan Noun agar tidak digunakan secara berulang-ulang dalam sebuah kalimat ataupun dalam paragraph.

Jenis kata ganti (pronoun) terdiri dari:
Personal pronoun Singular Plural
The First person I we
The second person You You
The third person She, he, it They

4. Verb

Verb adalah suatu kata yang berfungsi untuk menunjukkan tindakan dari subject, menunjukkan peristiwa atau tindakan. Dalam sebuah kalimat bahasa inggris Verb sangatlah diperlukan, karena tanpa verb maka kata-kata yang tersusun bukanlah dikatakan sebagai kalimat. Dalam verb terdapat dua bagian yaitu regular verb (kata kerja beraturan) dan Irregular verb (Kata kerja tidak beraturan). Seperti, teach, tell, write sent, etc.
Contoh kalimat:
  • A man gives her a rose flower (seorang lelaki memberikan dia sebuah bunga mawar).
  • My idol teacher teaches us English subject every Friday (guru idola saya mengajari kami mata pelajaran bahasa inggris setiap hari jum’at)

5. Adverb

Adverb adalah Kata yang bertujuan untuk menerangkan Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), maupun Adverb (kata keterangan) lain. Seperti: Always, now, slowly, very, etc.
Contoh kalimat:
  • She is very cute when she is wearing a pink jacket (dia sangat manis ketika dia sedang memakai jaket warna pink)
  • Nur is writing a letter seriously. (nur sedang menulis surat dengang serius)

6. PREPOSITION (Kata depan)

Preposition adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan tempat atau posisi suatu benda atau dimana kita berada.  Seperti: on, before, behind, etc.
Contoh kalimat:
  • Before I go to school, I have to breakfast (sebelum, saya berangkat ke sekolah saya harus sarapan)
  • My mom puts my book on the table (ibu saya menyimpan buku saya diatas meja)

7. CONJUCTION (Kata penghubung)

Kata yang dapat digunakan sebagai penghubung dua kata, frase, klausa dan kalimat.  Kata yang termasuk conjuction seperti: and, because, when, but, etc.
Contoh kalimat:
  • My favourite colours are white and (warna kesukaan saya adalah putih dan hijau)
  • I like him, because he is so kind (saya menyukainya karena dia sangat baik)

8. Exlamation/interjection (Kata Seru)

Kata seru, ini sebuah ungkapan untuk menggambarkan emosi atau perasaan seseorang. Namun, kata seru tidak semuanya diakhiri  dengan tanda seru (!), terkadang diakhiri dengan tanda comma (,) atau bahkan tiga deretan tanda titik (.) maksud untuk mengungkapkan perasaan secara halus. misalnya,  Wow!, Hey!, hmmm…Etc.
Contoh kalimat:
  • Wow! That’s amazing drama. (wow! Ini drama yang luar biasa)
  • Hey! Are you ok? (hey! Apakah kamu baik-baik saja?)
  • Hmm… what happened with him? (hmmm.. apa yang terjadi dengannya?)
Demikianlah penjelasann singkat dari parts of speech, untuk materi yang lebih detailnya lagi insyaAllah di kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat. Thanks a million for attention.