-->

Belajar tentang DETERMINER dalam Bahasa Inggris

Belajar tentang DETERMINER dalam Bahasa Inggris - Determiner salah satu elemen penting dalam grammar bahasa inggris, karena bertujuan untuk membatasi / memperjelas kata benda dan terletak sebelum noun (kata benda).
Belajar tentang DETERMINER dalam Bahasa Inggris

Misalnya dalam sebuah kalimat bahasa inggris, she brings book (dia membawa buku), dapat diperhatikan bahwa kalimat tersebut tanpa determiner, maka tidak ada kejelasan makna, “buku” apa yang ia bawa . Namun, apabila kita menambahkan salah satu kata determiner di depan kata “book” seperti she brings this book (dia membawa buku ini), maka kalimat tersebut dapat terbaca lebih jelas dari kalimat sebelumnya.

Belajar tentang DETERMINER dalam Bahasa Inggris

Berikut yang termasuk dalam the types of Determiner:
  1. Articles: The, a, an

Articles (kata sandang) yang berkelas kata sebagai adjective (kata sifat) yang bertujuan untuk menerangkan seberapa umum dan khususnya benda tersebut. Articles terbagi atas dua jenis, yakni indefinite article dan definite article.
  • Indefinite article
Indefinite article adalah kata sandang yang merujuk pada noun yang belum dibicarakan sebelumnya (konteksnya belum jelas). Kata ini terdiri dari a dan an
a dan an memiliki makna yang sama, yang dapat diartikan sebuah, seekor, sebutir, etc. semua noun yang bentuknya singular (jumlahnya satu) dapat dipadankan dengan articles ini, namun dalam sisi penggunaannya berbeda.
an diaplikasikan pada noun atau noun phrase ketika dalam pengucapannya terdengar bunyi huruf hidup A, I, U, E, O diawal  kata
e.g: an apple, an hour, an interesting book
a diaplikasikan pada noun atau noun phrase ketika dalam pengucapannya terdengar bunyi huruf mati , yang termasuk huruf mati adalah semua huruf abjad selain huruf hidup seperti, B, C,D F… etc.
e.g: a uniform, a book, a pen etc.
  • Definite article,
Definite article adalah kata sandang yang digunakan apabila noun yang sedang dibicarakan atau yang dimaksud sudah jelas, serta merujuk pada noun yang pernah dibicarakan sebelumnya. termasuk definite article adalah kata “the
e.g:
I meet a girl this morning. The girl is very beautiful.
  1. Demonstrative (this, that, these, and those)

Demonstrative terdiri dari  kata this, that, these dan those. Dalam demonstrative ini digunakan untuk menunjukkan dimana letak suatu benda, peristiwa, objek yang dibicarakan dan lain sebagainya. Demonstrative ini lebih menekankan pada fisik/jarak.
Singular Plural
Jarak dekat (ini)This These
Jarak jauh (itu)That Those
This (ini):        digunakan untuk menyatakan noun tersebut yang jumlahnya hanya satu/ tunggal (singular).
e.g : This is my pen (ini polpen saya),
*polpen yang ditunjuk hanya berjumlah satu
These (ini):     Namun dalam menggunakan kata ini, noun yang dimaksud harus plural/ jamak (lebih dari satu). Berarti, noun tersebut harus ditambahkan huruf s/es di akhir kata.
e.g: my mother puts theses books on the table. (ibu saya meletakkan buku-buku ini diatas meja)
That (itu):       digunakan untuk menyatakan bahwa noun tersebut tunggal (satu).
e.g:  she brings that bag. (dia membawa tas itu)
Those (itu) :    digunakan untuk menyatakan noun yang jumlahnya lebih dari satu / jamak.
e.g: she brings those bags (dia membawa tas-tas itu).
  1. Distributive

Digunakan untuk menunjukkan sekelompok benda/ orang/ suatu bagian (anggota) dari suatu kelompok. Kata yang termasuk dalam distributive seperti: All, half, both, neither, either, every, each.
e.g:
  • Every student has to study before go to sleep (setiap siswa harus belajar sebelum tidur).
  • Each girl in my class likes singing (masing-masing gadis dikelas saya suka menyanyi).
  • Neither of us came to the Lina’s wedding party yesterday. (tidak ada satupun dari kami yang datang ke pesta pernikahan Lina kemarin).
  1. Quantifier

Digunakan untuk menyatakan kuantitas atau jumlah suatu noun. Yang termasuk dalam jenis ini adalah a little, a few, much, many, some, any, each, every, a lot of, most, enough.
e.g:
  • I have much money (saya memiliki banyak uang)
  • Could you give me some sugar, please? (bisakah anda memberikan saya gula?)
  • Muli has a lot of books. (muli memiliki banyak buku)
  1. Number

Numeral atau Angka termasuk subclass of determiner Jenis determiner ini digunakan untuk menyatakan angka..
e.g:
  • There are two books on the table (ada dua buku diatas meja)
  • My sister has five new bags (saudaraku memiliki lima tas baru)
  1. Ordinal number
Ordinal Number atau bilangan bertingkat termasuk jenis determiner yang digunakan untuk menyatakan Sebuah tahapan, level, atau tingkatan. Ordinal number ini juga dapat digunakan untuk menyatakan peringkat, abad, tanggal, tingkatan bulan, dsb.
e.g:
  • Selfi will be the first winner on LIDA Indosiar contest (selfi akan menjadi juara pertama di kontes LIDA Indosiar)
  • She was born on the fourteenth of September (dia lahir tanggal 14 september)
  1. Possessive

Possessive merupakan kata atau konstruksi gramatikal yang digunakan untuk menunjuukan suatu kepemilikan. Yang termasuk dalam jenis ini adalah my, your, her, his, its, their, and our.
e.g:
  • Where is my pen? (dimana polpen saya?)
  • May I borrow your camera? (bolehkah saya meminjam kameramu?)
Oke, itulah ulasan singkat dari saya tentang determiner, macam-macam dan contoh kalimatnya, semoga membantu dan bermanfaat,. Thanks very much and see you next…