-->

Articles (Kata Sandang) dalam Bahasa Inggris

Articles (Kata Sandang) dalam Bahasa Inggris - Dalam bahasa inggris, Articles (kata sandang) yang berfungsi untuk membatasi makna noun (kata benda) terbagi atas 3 macam yang masing-masing memiliki pebedaan dalam penggunaanya. Namun, dalam ketiga kata Articles tersebut terbagi atas 2 kategori, yakni definite Article dan Indefinite Article.
Articles (Kata Sandang) dalam Bahasa Inggris
Berikut dapat diperhatikan perbedaan dan tugas masing-masing articles:
Indefinite ArticleDefinite Article
Yang termasuk dalam kategori ini “a” and “an”Yang termasuk dalam Definite Article adalah kata “THE”
“a” and “an” diartikan sebuah, secarik, seekor, seorang dll. Semua noun yang menunjukkan jumlahya satu.The dapat diartikan sebagai “itu” dan digunakan untuk menunjukkan noun, yang jumlahnya
singular (satu) ataukah plural (lebih dari satu)
“a” and “an”  digunakan untuk menunjukkan bahwa noun (kata benda) yang dimaksud atau yang dibicarakan belum pasti dan jelas, namun lebih menekankan pada jumlahnya yaitu satu.
E.g:
-          a teacher is teaching English in the 7th A class.
Seorang guru sedang mengajar bahasa inggris dikelas 7A

Seorang Guru yang dimaksud  atau yang dibicarakan belum jelas dan pasti, bisa saja yang sedang mengajar bahasa inggris di elas 7A adalah guru bahasa indonesia ataukah guru bahasa arab.
“The” digunakan untuk menunjukkan bahwa noun (kata benda) yang  dimaksud atau yang dibicarakan sudah pasti dan jelas.  E.g:
-          The teacher is teaching in the 7th A class
Guru itu sedang mengajar bahasa inggris di kelas 7A

“sudah jelas bahwa yang dimaksud orang yang sedang mengajar bahasa inggris di kelas 7A adalah “guru itu” dan bisa saja “guru itu”
Penggunaan “a” dan “an”
“a” digunakan apabila bertemu dengan noun atau noun phrase yang berawalan huruf consonant (huruf mati, seperti: B, C, D,F, G, H……etc. selain yang termasuk huruf vocal.
e.g:   a book, a chair… etc.

“an” digunakan apabila bertemu dengan noun atau noun phrase yang berawalan huruf vocal (huruf hidup), yaitu A, I, U, E, O.
e.g:  an umbrella, an amazing story.


Pengecualian!!!
“a” bisa saja bertemu dengan noun atau noun phrase yang berawalan huruf vocal, seperti “a university” karena pada saat mengucapkan kata university, terdenger seperti huruf “yu”. Begitupun dengan
“an”, bisa saja bertemu dengan noun atau noun phrase yang berawalan huruf consonant, karena  bunyi penyebutannya. Salah satu contoh: an hour, kata “hour” disitu tidak membunyikan huruf “h”.

Jadi, penggunaan “a” ataupun “an” , tidak hanya karena dipengaruhi huruf vocal ataupun huruf consonant nya saja tapi tergantung cara bunyi/penyebutan noun tersebut.
Penggunaan “the”
“The” berlaku untuk semua jenis noun, baik yang berawalan huruf consonant ataukah vocal tetap saja “the”  tanpa ada embel-embelnya dibelakang ataupun di depannya.

TAPI???????

“The”… sesuai ilmu pronunciation (pengucapan),
Apabila bertemu dengan noun atau noun phrase yang berawalan huruf hidup (A,I,U,E,O) maka penyebutannya berubah menjadi “ði/ di” seperti:
“The audience” dibaca “ði audience” sebaliknya, apabila bertemu dengan huruf consonant, maka cara penyebutannya tetap berbunyi “de’/ðe”. Seperti:
The teacher dibaca ðe’ teacher
“a” dan “an” digunakan untuk merujuk ke sebuah singular noun yang belum pernah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
e.g:
-          She buys a book in the bookstore.
“the”, umumnya digunakan untuk merujuk pada noun yang sudah pernah disebutkan sebelumnya.

e.g:
-          She buys a book in the bookstore. The book is very expensive.
“a” dan “an” dapat digunakan untuk menyatakan kalimat seru pada noun phrase tunggal.
e.g:
-          What an amazing story!
-          What a nice day!
-          What a beautiful girl!
“the ” dapat digunakan pada bentuk superlative dan juga pada Cardinal number.
e.g:
-          The tallest
-          The biggest
-          The First
-          The fourth
Itulah informasi ala kadarnya tentang perbedaan pada articles (a, an dan The). Namun, perlu diketahui bahwa dalam suatu kalimat, frase, ataukah dalam clausa tidak selamanya Noun dan noun phrase membutuhkan kata sandang yang biasa dikenal sebagai zero article. Adapun aturan pada zero article yakni:
  • Tidak digunakan untuk menyebutkan proper noun, seperti nama merk produk (Viva, Wardah). Nama state/Province (South Sulawesi, Florida), etc.
  • Tidak digunakan untuk menyebutkan benda Abstract Noun, Seperti: freedom, happiness, etc.
e.g:
  • My brother’s hobby is Badminton (hobi saudara laki-laki saya adalah bulu tangkis)
  • Wardah is one of the best local brand skincare in Indonesia (wardah merupakan salah satu perawatan kulit terbaik di indonesia).
Demikianlah dan semoga bermanfaat. Aamiin.
Thanks very much for attention…